Paket

Berita

Tentang Kami

Tips and Trick

6 Aplikasi HRIS Terbaik di Indonesia agar Tugas HR Cepat Selesai

Created 9 Sep 25, 13:53

Contributors

Muhammad Ali

Jangan sampai telat informasi dari MyRep, Yuk subscribe sekarang!

Saya setuju bahwa email yang terdaftar akan digunakan untuk mendapatkan info dan promo terbaru dari MyRepublic dan setuju terhadap Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan yang berlaku

Aplikasi HRIS (Human Resource Information System) adalah aplikasi yang fungsinya memudahkan departemen HR dalam mengelola administrasi sumber daya manusia secara otomatis.
Sebagai HR, menggunakan aplikasi HRIS sudah jadi senjata wajib, apalagi jika jumlah karyawan perusahaan cukup banyak dan kompleks.

Dengan HRIS, risiko salah input data seperti penggajian atau absensi bisa diminimalisir, sehingga perusahaan terhindar dari kerugian finansial yang mungkin timbul. Selain itu, HRIS juga memudahkan pemantauan kinerja, cuti, hingga pelaporan secara real-time.

Kalau kamu sedang mencari rekomendasi aplikasi HRIS terbaik di Indonesia, cek daftar berikut!


1. KantorKu HRIS

Aplikasi HRIS KantorKu | Sumber: KantorKu.id

KantorKu HRIS adalah aplikasi HRIS all-in-one pertama di Indonesia dengan fitur terlengkap, dari manajemen absensi, payroll, penilaian kinerja hingga rekrutmen.

Aplikasi HRIS ini disukai karena harganya yang terjangkau hanya Rp4.999 per karyawan, sehingga ramah untuk berbagai ukuran bisnis, dari UMKM, startup hingga korporat.

Dalam satu aplikasi ini, ada 8 fitur unggulan, yaitu:

Fitur Unggulan:

  • Payroll otomatis: Penghitungan gaji otomatis beserta potongan PPh 21 dan BPJS.

  • OKR/KPI: Memantau kinerja karyawan melalui OKR dan KPI.

  • Penilaian kinerja: Ada fitur 9-Box Matrix dan 360-degree review untuk penilaian kinerja yang objektif.

  • Manajemen cuti: Urus cuti lewat aplikasi tanpa form yang ribet.

  • Integrasi rekrutmen ATS: Membantu perusahaan memfilter kandidat berkualitas.

  • Manajemen absensi: Menggunakan GPS & selfie dan data absensi terintegrasi payroll.

  • Reimburse: Proses persetujuan reimburse cukup sekali klik.

  • Self-service: Karyawan bisa isi data mandiri tanpa merepotkan HR.

  • Dashboard analitik: Berfungsi memantau data kinerja, absensi, dan payroll karyawan.

Selain itu, aplikasi ini mudah dipahami karena antarmuka yang bersih dan intuitif, pas untuk pemula yang baru pertama coba HRIS.

Dengan KantorKu, tugas HR bisa diotomatisasi hingga selesai 95% lebih cepat, sehingga HR punya waktu lebih banyak untuk urus tugas strategis lain.

Tidak usah khawatir, KantorKu sudah memiliki sertifikasi ISO 27001 yang menjamin perlindungan data karyawan dan perusahaan.


2. BambooHR

BambooHR adalah aplikasi HRIS yang fungsinya memudahkan manajemen data karyawan dan kinerja.

Keunggulannya ada pada desain antarmuka yang user-friendly, hanya saja fitur-fiturnya tidak terlalu mengikuti regulasi di Indonesia.

Contohnya, BambooHR tidak memiliki fitur otomatis untuk perhitungan pajak PPh 21 dan BPJS. Jadi butuh sistem terpisah untuk menangani administrasi tersebut.

Fitur Unggulan:

  • Antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami.

  • Memiliki fitur lengkap untuk mengelola data karyawan, dari biodata hingga riwayat pekerjaan.

  • Tersedia fitur untuk memonitor kinerja karyawan.

  • Dashboard menyediakan berbagai jenis laporan analitik untuk membantu HR membuat keputusan.


3. WorkDay

Rekomendasi aplikasi HRIS berikutnya yaitu WorkDay. Aplikasi HRIS ini menggunakan cloud untuk menyimpan data-data perusahaan.

Sebetulnya WorkDay sudah termasuk sistem ERP (Enterprise Resource Planning), sehingga kurang cocok untuk bisnis yang baru merintis, karena biayanya cukup besar.

Selain itu, antarmuka Workday bisa terasa rumit bagi pengguna baru tanpa pengalaman teknis. Otomatis butuh pelatihan tambahan agar HR bisa menggunakannya.

Fitur Unggulan:

  • Sistem ERP yang terintegrasi, bisa untuk mengelola keuangan, operasional, dan SDM.

  • Menyediakan fitur evaluasi kinerja karyawan.

  • Pengelolaan gaji global, cocok untuk perusahaan multinasional dengan karyawan di berbagai negara.


4. Paychex

Paychex adalah aplikasi HRIS yang terkenal karena fitur payroll dan perhitungan pajaknya. Bisa dipakai untuk melakukan penggajian otomatis beserta perhitungan pajak PPh dan BPJS.

Hanya saja, fitur-fiturnya lebih fokus ke payroll dan kurang lengkap untuk fitur administrasi HR lainnya, seperti kurang mendukung manajemen kinerja.

Otomatis kamu perlu menggunakan aplikasi tambahan agar tugas-tugas HR tetap efisien.

Fitur Unggulan:

  • Mengelola payroll dan pajak secara otomatis.

  • Dukungan pelanggan 24/7.

  • Bisa melacak waktu kerja karyawan.

  • Mendukung pengelolaan benefit karyawan seperti asuransi kesehatan.


5. GreatDay HR

Aplikasi HRIS ini menawarkan fitur pengelolaan karyawan, mulai dari absensi hingga penggajian.

GreatDay HR juga mempunyai dukungan layanan pelanggan yang responsif dan UI yang mudah digunakan.

Fitur Unggulan:

  • Menyediakan pengelolaan absensi dan penggajian dalam satu platform.

  • Fitur Earned Wage Access (EWA) yang memungkinkan karyawan menarik gaji sebelum tanggal penggajian.

  • Layanan pelanggan berkualitas dengan tim yang responsif.

  • Mampu menghemat waktu dan biaya dengan fitur manajemen HR.


6. Gusto

Gusto adalah aplikasi HRIS asal Amerika Serikat, tetapi ada juga perusahaan dari negara lain yang menggunakannya.

Gusto memungkinkan bisnis untuk menyederhanakan payroll, urusan HR dan benefit karyawan, sehingga bisa menghemat waktu HR.

Mengingat aplikasi ini berasal dari luar negeri, Gusto tidak melakukan perhitungan pajak berdasarkan regulasi di Indonesia.

Fitur Unggulan:

  • Otomatisasi gaji dan perhitungan pajak.

  • Menyediakan fitur pengelolaan program asuransi kesehatan dan tunjangan karyawan.

  • Desain aplikasi yang sederhana dan terjangkau.

  • Tersedia laporan HR yang terperinci untuk menganalisis data penggajian hingga absensi.


Penutup

Jadikan rekomendasi aplikasi HRIS ini sebagai acuan untuk memilih mana yang paling sesuai kebutuhanmu.

Dengan memilih aplikasi HRIS terbaik dengan fitur terlengkap. Kamu tidak perlu pakai aplikasi terpisah untuk mengurus masing-masing tugas HR. Itu artinya, perusahaan tidak perlu boros biaya menggunakan aplikasi terpisah!

Artikel ini merupakan hasil kerja sama MyRepublic dengan Dealls.


Langganan MyRepublic Sekarang!

Saatnya Upgrade Internet Rumahmu. MyRepublic, Cepatnya Bikin Ketagihan, Rocketin Harimu

Nama Lengkap*

Email*

Pastikan email aktif untuk cek pesanan dan mengirim kode OTP

Nomor Handphone*

62

Pastikan nomor handphone terdaftar di Whatsapp

Saya menyetujui data diri akan digunakan untuk proses registrasi MyRepublic

Dengan menekan tombol kirim data, kamu setuju terhadap Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan yang berlaku

Lihat artikel lainnya

Perluas wawasanmu lewat konten-konten penuh inspirasi dan pengetahuan.

18 Aug 2025

LK21 & IndoXXI: Mengapa Berbahaya dan Apa Alternatif Legalnya (Gratis)

Alternatif legal LK21 & IndoXXI. Nonton film gratis atau berbayar dengan aman di platform resmi: RCTI+, Vision+, WeTV, Netflix, Disney+, hingga HBO Go.